10 Tips Membuka Bisnis Kavling Tanah yang Laris Pembeli

11.09 2 Komentar
Bisnis jual beli kavling tanah menjadi salah satu jenis usaha yang banyak menarik perhatian para investor di tanah air dan dunia. Dikarenakan mudah dijalankan dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Namun untuk sukses dalam bisnis kavling tanah tidaklah mudah. Kecuali oleh orang yang ahli dan pengalaman yang disebut master dalam jenis usaha ini. Diperlukan berbagai langkah strategis, tips, trik jitu yang terbukti sukses untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis penjualan tanah kavling.

Cara Kavling Tanah
Jika anda mempunyai modal uang cukup besar maka anda bisa mencoba memulai bisnis kavling tanah yang sangat menggiurkan untung besar. Bisnis ini sangat gampang dijalankan, tanpa anda takut mengalami kerugian. Karena usaha kavling tanah tidak seperti jenis usaha lain. Misalkan usaha properti rumah yang bisa rusak. Tanah tidak akan mengalami kerusakan. Kalaupun rusak terkena longsor, kavling tanah tetap masih ada untuk selamanya.

Cara memulai bisnis tanah kavling dimulai dari langkah sederhana. Anda mencari lokasi lahan tanah yang dijual oleh pemilik dengan kondisi mendadak atau darurat. Misalkan sang penjual membutuhkan dana besar untuk biaya pengobatan. Atau sang pemilik tanah hendak pindah ke daerah lain secepatnya. Maka anda bisa membeli tanah luas tersebut dengan harga yang sedikit murah dari harga pasaran.
usaha kavling tanah, bisnis kavling, usaha kavling, kavling tanah, kapling tanah, usaha kapling tanah, tips jualan tanah

Langkah selanjutnya, setelah sobat mempunyai lahan tanah lapang sebagai hak milik adalah membagi-bagi tanah tersebut menjadi beberapa petak atau kavling yang sama. Lalu sobat menjual tanah tersebut per kavling. Harga tanah per kavling lebih mahal harganya ketimbang menjual tanah lahan lapang secara luas. Misalkan anda membeli tanah kosong seharga Rp 100 juta. Membagi tanah kosong menjadi sepuluh bagian atau 10 kavling. Kemudian menjual tanah perkavling seharga Rp 20 juta. Maka keuntungan bisnis tanah kavling sebesar Rp 200 juta ( 10 kavling x Rp 20 juta). Dikurangi biaya modal awal sebesar Rp 100 juta maka untung bersih sebesar Rp 100 juta. Bagaimana mudah bukan cara bisnis kavling tanah?

Hal inilah yang membuat bisnis properti tanah kavling disukai banyak orang. Mereka lebih memilih investasi dalam bisnis tanah kavling yang menguntungkan ketimbang jenis usaha lain yang sangat berisiko rugi. Bagi seorang pemula sangat cocok untuk menggeluti usaha kavling tanah dengan modal besar, modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun. Dikarenakan bisnis tanah kavling gampang dikelola dan dijalankan oleh seorang pemula sekalipun.

10 Tips Membuka Bisnis Kavling Tanah yang Laris Pembeli
Apabila anda tertarik untuk memulai bisnis tanah kavling maka sama seperti hendak membuka usaha lain maka anda memerlukan modal usaha yang mencukupi dan perencanaan yang matang. Anda tidak akan sendirian. Sebab penulis akan menjelaskan rahasia, tips, strategi, trik supaya bisnis kavling tanah anda menguntungkan dan laku keras. Berikut ini 10 tips membuka bisnis kavling tanah yang laris pembeli, antara lain:

1. Persiapan Matang
Hal yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis kavling tanah adalah modal usaha berupa uang yang mencukupi untuk membeli lahan tanah kosong yang luas. Biasanya modal yang dibutuhkan mencapai ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Hal lain yang juga mesti dipersiapkan adalah mental dan sikap yang benar dalam usaha kavling tanah. Disebabkan persaingan usaha tanah kavling sangat ketat. Sehingga anda harus tahan banting, mempunyai tekad yang bulat, kuat mental dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam bisnis properti ini.

2. Mengikuti berbagai pelatihan bisnis properti
Seminar properti bisnis kavling seringkali diadakan di beberapa kota besar di Indonesia. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Dengan sobat menghadiri berbagai acara pelatihan dan seminar tentang kewirausahaan bisnis properti tanah kavling itu akan membuat sobat mengetahui seluk beluk usaha kavling tanah. Anda bisa mengambil banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Dalam workshop tersebut biasanya pemateri memberikan kiat sukses bisnis kavling tanah. Sehingga bisa menambah wawasan dan menimbulkan ide usaha cemerlang untuk bisnis kavling tanah yang lebih menguntungkan.

Dengan mengikuti pelatihan bisnis properti tanah kavling tanpa modal atau modal kecil dan modal besar berarti anda sudah siap untuk mempraktekan ilmu yang didapat tersebut. Karena modal usaha berupa uang sudah anda persiapkan sebelumnya pada point 1. Untuk memperkuat pengetahuan anda tentang cara menjalankan bisnis kavling tanah maka anda bisa membaca buku, majalah, media online dll yang masih berhubungan dengan usaha properti tanah kavling.

Ada salah seorang pelaku bisnis tanah kavling yang selalu rugi. Tapi setelah mengikuti pelatihan bisnis tanah kavling dari mentor terkenal, ia berhasil menjalankan bisnis tanah kavling yang menguntungkan. Hal tersebut tak terlepas dari ilmu yang sangat berharga yang telah dibagikan kepada para peserta. Jadi berbagai acara workshop atau seminar pelatihan usaha properti harus anda ikuti. Itu karena sebuah investasi yang sangat berharga untuk mendukung kesuksesan bisnis kavling anda.

3. Bergabung dalam komunitas pengusaha tanah kavling
Langkah lainnya untuk menambah wawasan mengenai cara dan seluk beluk bisnis tanah kavling, anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas pebisnis tanah kavling yang ada di berbagai daerah. Karena ini berguna sebagai ajang bagi anda untuk menimba ilmu bagaimana cara membuka bisnis tanah kavling yang cepat balik modal, laris pembeli dan menguntungkan. Selain itu, melalui ajang komunitas ini anda bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai peluang usaha yang sangat menjanjikan bisnis tanah kavling dari rekan sesama komunitas.

Pendek kata, dengan mengikuti berbagai pelatihan bisnis properti tanah kavling dan bergabung dalam komunitas pengusaha properti berarti anda menambah banyak daftar relasi. Baik itu daftar relasi pembeli tanah kavling maupun penjual kavling tanah yang bisa mendukung kesuksesan bisnis kavling tanah anda saat ini dan masa mendatang.

4. Mencari lahan tanah kosong di lokasi strategis
Setelah mempersiapkan modal usaha berupa uang yang besar dan mental serta pengetahuan atau keterampilan dari bisnis tanah kavling selanjutnya adalah melakukan hal yang praktis yaitu mencari tanah yang luas di daerah strategis yang hendak dijual oleh pemiliknya. Di setiap daerah, kota maupun desa sangat banyak lahan tanah yang dijual oleh para pemiliknya. Terpampang tulisan tanah dijual dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Semua orang sudah mafhum bahwa membeli properti tanah haruslah berada di daerah strategis. Karena ada beberapa keuntungan seperti produk tanah lebih cepat laku terjual, keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dibandingkan dengan membeli tanah di lahan yang kurang strategis, kenaikan harga tanah sangat pesat pertahun dan keuntungan lainnya yang bisa sobat tambahkan sendiri.

5. Meneliti kelengkapan dan keabsahan surat surat tanah
Tentu anda tidak mau membeli tanah yang berada dalam sengketa yang bisa merugikan bisnis properti anda di masa datang. Jika di kemudian hari ada yang menggugat tanah milik anda maka anda akan direpotkan dengan masalah ini. Terutama biaya untuk ke pengadilan yang menguras keuangan anda. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya hal demikian maka sobat hendaknya meneliti kelengkapan dari surat surat dari tanah yang hendak sobat beli dari pemiliknya. Anda bisa mengeceknya dengan melihat bukti kepemilikan tanah bisa berupa sertifikat maupun akta tanah yang berkekuatan hukum tetap dan sangat kuat.

6. Membuat beberapa kavling tanah beserta denah
Selepas anda membeli tanah tersebut secara sah disertai bukti kepemilikan berarti tanah itu sepenuhnya milik anda. Kemudian untuk mulai bisnis tanah kavling maka tanah yang luas tersebut dipecah menjadi beberapa kavling tanah. Lalu sobat membuat denah lokasi tanah kavling yang hendak dijual kepada masyarakat umum beserta akses dan kelebihan lainnya dengan harga sangat terjangkau dimana keuntungan bisnis properti ini yang sudah direncanakan.

7. Memasarkan tanah kavling
Setelah tanah luas tersebut dibagi menjadi beberapa kavling yang sudah siap dijadikan bangunan, langkah berikutnya adalah melakukan promosi untuk penjualan tanah kavling itu. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk proses promosi bisnis tanah kavling seperti membagikan brosur, memasang pamflet, memasang iklan di internet seperti sosmed atau marketplace dan forum dll.

8. Menjalin kerjasama dengan agen properti
Anda tidak bisa bekerja sendiri. Untuk memuluskan bisnis tanah kavling maka anda bisa menjalin kerjasama dengan broker properti ataupun agen properti yang sudah terkenal. Seperti Era Properti. Mintailah bantuan mereka untuk menjualkan properti tanah kavling yang anda miliki kepada masyarakat umum sesuai harga yang sobat tetapkan.

9. Pelayanan yang Prima
Untuk menjalankan bisnis properti tanah kavling sama seperti membuka jenis bisnis lainnya memerlukan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Sehingga mereka loyal dan menjadi pelanggan tetap. Salah satu bentuk pelayanan yang bagus kepada konsumen adalah pelayanan cepat, berlaku jujur, menjaga kepercayaan konsumen, bersahabat dan lain-lain.

10. Pantang Menyerah
Dalam menjalani bisnis kavling tanah mungkin anda mengalami kegagalan di awal usaha. Disebabkan pengetahuan dan keterampilan yang minim. Namun yakinlah suatu saat nanti anda akan sukses berbisnis kavling tanah setelah menempuh beberapa kegagalan. Oleh sebab itu, pastikan anda memiliki sifat pantang menyerah dalam menjalankan bisnis kavling tanah. Jika anda gagal maka jangan dianggap sebagai kegagalan melainkan belum berhasil.

Bisnis Tanah Kavling Tanpa Modal
Berdasarkan logika dan kasat mata memang untuk memulai bisnis tanah kavling memerlukan modal uang yang sangat besar. Namun bagi penulis dan pebisnis tanah kavling yang sukses dan berpengalaman pandangannya berbeda. Tidak mesti untuk membuka usaha tanah kavling membutuhkan modal uang yang besar. Dengan modal kecil bahkan tanpa modal, seorang pemula bisa saja membuka bisnis tanah kavling yang menguntungkan ini. Bagaimana caranya?

Caranya gampang. Anda membuka bisnis tanah kavling sebagai perantara atau mediator. Dengan modal laptop, kartu paket kuota internet dan modem maka anda sudah bisa membuat situs yang bertema properti tanah kavling. Di blog tersebut dicantumkan beberapa kavling tanah yang dijual. Jika ada orang yang membelinya maka anda mendapatkan komisi dari penjualan tanah kavling tersebut. Bagaimana mudah bukan?