Daftar Investasi Terbaik Berdasarkan Islam Untuk Kurun Depan

05.15
Investasi menjadi kata menarik yang simpel diucapkan. Namun sulit dilakukan. Ada banyak jenis investasi di Indonesia dan dunia. Bahkan seiring perkembangan teknologi komunikasi informasi, internet dan bidang lain yang semakin maju menciptakan jenis dan macam investasi bertambah banyak di muka bumi. Saking banyak jenis investasi di dunia, penulis akan membatasi pada daftar investasi terbaik berdasarkan Islam untuk masa depan.

Investasi Halal Dalam Islam
Kata investasi dalam bahasa inggris berarti investmen. Dimana ada panduan investasi semoga perjuangan investasi berjalan menguntungkan dalam waktu cepat. Pengertian investasi berdasarkan bahasa ialah tumbuh berkembang. Sedangkan pengertian investasi berdasarkan istilah ialah suatu acara yang dilakukan insan untuk menumbuh kembangkan harta benda yang dimilikinya. Dengan cara melaksanakan bisnis, deposito, saham, reksadana, emas syariah, properti, dll.

Namun jenis investasi tidak semuanya sesuai syariat Islam. Ada yang bertentangan dengan syariat Islam. Seperti mengandung unsur riba, judi, spekulasi, samar samar dll. Dan terperinci itu hukumnya haram. Tidak baik untuk investasi. Oleh sebab sebagai umat Islam yang taat kita seharusnya menentukan jenis investasi halal berdasarkan Islam yang terbaik di masa depan.
 Investasi menjadi kata menarik yang simpel diucapkan Daftar Investasi Terbaik Menurut Islam untuk Masa Depan

Investasi terbaik berdasarkan Islam ialah yang bersifat universal yakni bisa dipakai semua kalangan menyerupai mahasiswa, pelajar, pemula, ibu rumah tangga, karyawan dll. Selain itu, investasi dalam Islam walau dengan modal kecil tapi menguntungkan sekali dan halal sesuai pemikiran yang terkandung dalam Al quran, hadits dan jejak para sahabat.

Daftar Investasi Terbaik Menurut Islam untuk Masa Depan
Tanpa panjang lebar, inilah daftar jenis investasi yang paling baik berdasarkan islam bagi masa depan manusia, antara lain:

? Bisnis atau Usaha
Rasulullah SAW ialah seorang pebisnis dan pedagang yang kaya raya dari hasil usahanya. Robert T Kiyosaki menempatkan kuadran bisnis dan investasi sebagai jalur menuju kekayaan melimpah atau bebas finansial secara cepat. Adapun perbedaan bisnis dan perjuangan sangat jelas. Usaha ialah pekerjaan yang menghasilkan uang dengan melayani sedikit orang. Sedangkan bisnis ialah sebuah perjuangan menghasilkan uang dengan melayani banyak orang.

Satu satunya investasi paling baik berdasarkan islam untuk ketika ini dan masa depan dan sepakat  para pakar finansial dunia ialah menjalani bisnis. Dengan bisnis keuntungan bisa dua kali lipat dan cepat kaya raya. Hal ini didukung oleh Rasulullah Saw seorang pedagang atau pebisnis sukses pada jamannya sebagaimana para sobat lainnya. Mengenai cara berbisnis sukses sobat bisa berguru pada sosok Rasulullah SAW yang jujur, cerdas dan sanggup diandalkan dalam berbisnis. Keuntungan yang didapatkan dia mungkin kecil per item tapi sebab penjualan banyak maka keuntungan tidak mengecewakan banyak.

Dari hasil dagang atau bisnis, Rasulullah SAW menjadi sosok pebisnis yang berhasil di usia muda. Beliau mengambil barang dari syam dan menjualnya di Mekah. Kemudian ia mengambil barang dari Mekah kemudian menjual di syam. Bisnis yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dimulai dari nol atau modal kecil. Berkat kepercayaan yang diberikan Siti Khadijah kepadanya untuk menjual barang dagangan menciptakan dia kaya dari bisnis perdagangan.

Namun untuk meraih keberhasilan dalam bisnis dibutuhkan perilaku kerja keras, cerdas, ulet, gigih, sabar, jujur, dan pantang mengalah menyerupai yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang berhasil menjadi pengusaha sukses dan kaya raya di usia muda.

Bisnis masih menjadi satu-satunya investasi halal, menguntungkan, terbaik dan diperbolehkan berdasarkan Islam di kala modern ketika ini. Banyak orang kaya lahir dari kalangan pebisnis yang bisa melayani semakin banyak orang. Sedangkan kelas pegawai semata tidak akan sukses jadi orang super kaya. Karena honor yang terbatas.

Lalu untuk investasi bisnis sangat gampang. Di dalam bisnis harus ada unsur produk, marketing, pemasaran, visi misi, komunikasi dll. Dan bisnis identik dengan dagang. Barang dari satu produsen dijual kepada masyarakat luas. Sehingga keuntungan besar. Contoh bisnis yang bisa dijalani sangat banyak. Misalnya menjual barang atau jasa. Lihatlah investasi yang dilakukan Rasulullah SAW semenjak muda ialah berdagang atau berbisnis. Sehingga ia kaya di usia muda.

? Menyewakan Tanah
Penulis mempunyai lahan tanah kosong, kebun, dan sawah yang luas. Semua properti tanah tersebut disewakan atau digarap oleh orang lain memakai sistem bagi hasil satu banding satu. Hal ini dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Beliau menyewakan tanah ladang dan kebun kurma kepada umat Yahudi. Seluruh biaya penggarapan ditanggung penyewa. Sedangkan hasil panen dibagi dua.

Nah kalau anda mempunyai lahan kosong yang terbengkalai bisa menyewakannya kepada orang lain secara mudharabah atau bagi hasil yang adil dan jujur. Sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai jenis investasi terbaik bagi umat islam di masa depan.

Kaprikornus sambil melaksanakan investasi bisnis, seseorang bisa menyewakan ladang dan kebun miliknya kepada orang lain sebagai penggarap. Hasil panen dibagi dua secara adil. Pendek kata, investasi bisnis dan menyewakan lahan bisa dilakukan secara sekaligus biar cepat kaya dan sukses. Sehingga tidak ada lagi orang fakir miskin di dunia ini. Semua orang bisa kaya raya sebagaimana yang telah dilakukan Baginda Rasulullah SAW.

? Beternak Hewan
Investasi paling baik selanjutnya berdasarkan islam di masa depan ialah bisnis beternak hewan. Seperti ternak kambing, domba, sapi, dll. Menurut sejarah, Nabi SAW ialah seorang penggembala kambing yang sukses. Rasulullah SAW mempunyai puluhan binatang unta. Jika dirupiahkan binatang ternak yang dimilikinya satu ekor unta harga Rp 100 juta. Maka total keuangan Rasulullah SAW sebesar puluhan milyar rupiah. Belum ditambah aset tanah, kebun dan bisnis yang dimilikinya.

Di negara Indonesia juga sudah marak perjuangan peternakan binatang baik di kota maupun desa. Seperti usaha ternak kambing, sapi, ayam, domba dll. Salah satu peluang perjuangan peternakan yang sangat menjanjikan ialah perjuangan investasi ternak sapi. Karena keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dari perjuangan ternak kambing, ayam, domba dll.

Jika sobat tidak mempunyai waktu luang untuk mengurusi usaha ternak binatang sapi, kambing, dan domba maka anda bisa menyerahkan binatang ternak tersebut kepada pihak peternak. Mereka akan bahagia hati mengurusi binatang ternak anda hingga besar. Dan kerjasama ini disebut dengan sistem bagi hasil. Jika binatang ternak melahirkan dua anak maka masing-masing mendapat satu ekor anak dari binatang piaraan tersebut. Inilah yang disebut ternak binatang merupakan investasi paling baik berdasarkan islam di masa depan dan masa kini. Karena terbukti untung besar dalam waktu singkat dan tidak terkena pengaruh inflasi.

? Investasi Emas
Anda tentu sudah mengenal pemanis emas. Inilah jenis investasi klasik yang dilakukan banyak orang kaya di dunia. Adapun agama Islam membolehkan penganutnya berinvestasi emas. Investasi emas sebagai patokan umum yang nilainya terus naik mengikuti pengaruh inflasi. Ada banyak investasi emas yang bisa dilakukan menyerupai membeli emas antam, emas logam mulia, tabungan emas syariah, emas batangan dll. Investasi emas sangat simpel dan bersifat jangka panjang. Misalnya anda menyimpan uang dalam bentuk emas batangan yang dibeli di Pegadaian syariah. Kemudian dijual lagi sehabis harga emas naik.

? Investasi Properti
Rasulullah SAW sangat mengerti betul dilema investasi properti berupa tanah. Terbukti dia SAW mempunyai beberapa lahan tanah di tempat Khaibar. Investasi properti termasuk membeli rumah, kost kostan, kontrakan, apartemen, ruko dll. Properti tersebut sanggup disewakan kepada orang lain dalam kurun tertentu lewat sistem bagi hasil porsi 50:50.

? Investasi Deposito Syariah
Inilah jenis investasi yang simpel dilakukan orang dan menguntungkan bagi masa depan. Cara deposito syariah sangat gampang. Nasabah mendatangi bank syariah. Kemudian menyetorkan uang kepada pihak perbankan syariah. Ada bermacam-macam waktu masa jatuh tempo deposito menyerupai satu bulan, tiga bulan, satu tahun dll. Lalu nasabah akan memperoleh surat akta deposito secara mudhorobah. Setelah jatuh tempo, nasabah akan mendapat bagi hasil dari investasi deposito.

Pilihan berinvestasi deposito syariah sangat sempurna bagi yang mempunyai uang banyak. Keuntungan deposito syariah tidak mengecewakan banyak, antara lain: menguntungkan sebab mendapat deviden bagi hasil yang bervariasi tergantung keuntungan yang diperoleh pihak bank dalam mengelola uang tersebut, bebas dari riba sehingga halal dan berkah, dan banyak pilihan perbankan syariah untuk investasi deposito. Seperti Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, dll.

? Sedekah
Inilah investasi terbaik bagi setiap umat Islam bagi masa depan. Al quran dan hadist berbagai yang membahas pentingnya investasi sedekah. Sebagaimana firman Allah SWT: Seseorang yang menginfakkan uang di jalan Allah menyerupai investasi sebulir padi yang menghasilkan tujuh puluh tanaman bulir padi. Dari setiap tangkainya mengandung 100 bulir padi. Allah melipatgandakan pahala orang yang beriman sesuai yang dikehendakiNya.

Demikianlah investasi terbaik berdasarkan Islam bagi masa depan dan masa kini, dengan modal besar hingga modal kecil yang bisa dilakukan siapapun. Silahkan anda menentukan jenis investasi di atas sesuai kemampuan, skill dan finansial. Investasi syariah terbaik di atas akan memperlihatkan manfaat bagi kehidupan ekonomi sobat dan masyarakat umum.

Sumber SAKRAM