Cara Mendapat Izin Perjuangan Pertamini Dan Syaratnya

21.15
Seperti yang diketahui, kini ini jumlah kendaraan bermotor di dunia terutama Indonesia sangatlah meningkat tajam. Tak heran kalau kondisi ini banyak dimanfaatkan masyarakat dengan menjalankan banyak sekali bisnis mulai dari bengkel, basuh motor steam, bisnis aksesoris motor, onderdil motor dan perjuangan pertamini atau pom bensin mini. Melihat hal tersebut, tak mengherankan kalau banyak orang yang bertanya perihal cara mendapat izin perjuangan pertamini. Bisa dilihat sendiri, banyak di banyak sekali kawasan di Indonesia, khususnya kawasan terpencil yang menggunakan pom bensin mini untuk memenuhi kebutuhan materi bakar motor masyarakatnya.

Dulu, penjualan bensin masih mengunakan botol bekas yang diisi menggunakan corong dan drijen. Hal ini dianggap tidak efektif alasannya yakni dosis yang kurang pas dan merugikan konsumen. Oleh karenanya, kini telah banyak gerai perjuangan yang berjualan bensin menggunakan mesin pertamini modern. Mesin ini menciptakan cara pengisian bensin lebih gampang dengan dosis yang pas.

Pertamini semakin diminati masyarakat alasannya yakni harga mesinnya yang sangat terjangkau. Setiap orang sanggup membuka perjuangan pertamini dengan mudah. Hanya saja, Anda harus memahami betul step by step yang harus dilakukan mulai dari persiapan tempat, perizinan, mesin pom bensin yang akan digunakan dan lain sebagainya. Masalah perizinan, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Hal ini tentu saja alasannya yakni pertamini merupakan suatu aktivitas perjuangan yang membutuhkan surat izin usaha. Untuk mempermudah Anda, berikut ini yakni hal-hal yang harus disiapkan dan dilakukan untuk mendapat izin perjuangan gerai pertamini.
 kini ini jumlah kendaraan bermotor di dunia terutama Indonesia sangatlah meningkat ta Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertamini dan Syaratnya

Proses dan Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertamini
Sebelum membahas cara mendapat izin perjuangan pertamini, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Persiapan ini sangat penting biar ketika meminta izin perjuangan nantinya, Anda tidak akan kebingungan dan lebih terlihat profesional dalam menjalankan usaha. Berikut ini yakni hal-hal penting yang harus Anda persiapkan untuk membuka perjuangan pertamini.

1. Lokasi
Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali yakni menyiapkan lokasi untuk menjalankan bisnis terlebih dahulu. Pastikan kalau lokasi yang dipilih untuk bisnis pertamini jauh dari tempat-tempat yang rentan terbakar menyerupai akrab dengan pabrik kain, pabrik elektronik, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran besar kalau terjadi persoalan pada pom bensin.

2. Mesin pertamini
Setelah menyiapkan lahan atau lokasi usaha, langkah selanjutnya yakni memastikan mesin pertamini menyerupai apa yang akan dipakai. Pasalnya ada banyak model pertamini yang dijual di pasaran. Agar surat izin perjuangan Anda di terbitkan oleh instansi terkait, klarifikasi mengenai mesin pertamini sangatlah penting biar pihak pemerintah merasa bahwa perjuangan Anda kondusif dan tidak akan merugikan masyarakat setempat. Jangan hanya alasannya yakni murah, Anda membeli mesin pertamini tersebut. Memang, sebagai pebisnis akan sangat menguntungkan kalau biaya produksi lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa mesin pertamini yang dibeli tersebut berkualitas dan aman.

3. Mencari pegawai
Jika semua sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yakni menyiapkan karyawan atau pegawai untuk melayani pelanggan yang membeli bensin di pertamini Anda.

4. Mendapatkan surat izin usaha
Proses mendapat surat izin perjuangan ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti mekanisme yang diarahkan oleh pom bensin besar atau di SPBU di tempat Anda. Saat mendatangi pom bensin besar atau SPBU, biasanya Anda akan diminta oleh karyawan kantor SPBU untuk mengisi formulir terkait dengan surat izin perjuangan pertamini. Dalam hal ini, Anda akan dikenakan biaya manajemen surat izin perjuangan berjualan bensin. Biasanya berkisar antara Rp 200 ribuan. Manfaat surat izin perjuangan ini penting salah satunya yakni biar sanggup mendapatkan pasokan bensin pertamini dari SPBU.

Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertamini dan Dokumen yang Dibutuhkan
Setiap menjalankan perjuangan apapun, Anda diharuskan untuk menciptakan Izin Usaha. Hal ini dilakukan biar Anda tidak mendapat halangan di tengah jalan nantinya selama menjalankan bisnis. Dengan adanya surat izin ini, maka secara aturan bisnis yang Anda jalani yakni legal. Sehingga sanggup dipertanggung jawabkan dengan baik. Jika Anda tidak mempunyai izin usaha, maka pihak SPBU juga akan menyulitkan Anda dengan memperlihatkan bensin dalam jumlah volume yang sedikit. Padahal sebagai pengusaha tentunya Anda ingin menjual banyak bensin setiap harinya.

Tanpa surat izin, Anda tidak akan sanggup menjual bensin hingga dengan 300 liter per hari. Karena pihak SPBU pastinya akan membatasi jumlah bensin yang dijual pada pengecer. Karena menurut peraturan yang ada ketika ini, masyarakat dihentikan membeli materi bakar minyak atau bensin dalam bentuk dirijen. Untuk sanggup diperbolehkan, Anda harus sanggup mengantongi surat izin khusus dari pihak dinas perindustrian biar bisnis Anda dianggap legal dan memenuhi syarat untuk menjual bensin secara bebas. Oleh alasannya yakni itu, selalu usahakanlah biar mesin pertamini Anda sudah mendapat izin perjuangan pertamini.

Cara untuk menciptakan surat izin intinya gampang asalkan ada kemauan pribadi dari Anda untuk mengikuti mekanisme yang ada. Sebab setiap bisnis atau perjuangan yang dijalani, membutuhkan legalitas dari instansi terkait dan pemerintah biar tidak tersendat nantinya. Jika Anda memang ingin mengikuti aturan dan mekanisme yang ada, maka datanglah ke dinas perindustrian dan perdagangan serta pihak pertamina untuk mendapat formulir atau surat registrasi mendirikan pom bensini mini. Selanjutnya, Anda isi semua data yang diharapkan dalam formulir dengan sebenar-benarnya. Tidak berhenti hingga disitu, Anda juga harus mendapat izin dari lingkungan sekitar mulai dari RT, RW, pihak desa, kelurahan setempat, dinas serta kepolisian setempat.

Agar semua proses dan perosedur perizinan tersebut berjalan lancar, tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya. Masing-masing perizinan mematok biaya yang berbeda-beda setiap daerahnya. Sehingga terkait hal ini, Anda harus bertanya pribadi kepada yang bersangkutan.

Saat meminta surat izin perjuangan pertamini ke dinas perindustrian dan perdagangan, Anda akan diarahkan untuk menciptakan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Setiao orang yang mempunyai usaha, wajib mempunyai surat ini. Sebab SIUP mempunyai kegunaan sebagai keterangan atau alat bukti bahwa perjuangan yang dijalankan tersebut legal alasannya yakni sudah mendapat persutujuan dari pemerintahan terkait dengan aktivitas usaha. Surat perizinan ini sangatlah penting bagi pelaku bisnis yang sudah berbadan aturan baik yang membuka perjuangan skala kecil maupun bisnis dengan skala besar.

Semua jenis perjuangan membutuhkan SIUP agat mendapat ratifikasi dan juga ratifikasi dari pemerintah terkait dengan bisnis yang dijalankan. Pada dasarnya, surat izin perjuangan ini dibedakan menjadi tiga kategori menurut besar kecilnya dana modal yang digunakan untuk melalkukan aktivitas usaha. Hal ini tercantum dalam peraturan menteri perdagangan terkait dengan penerbitan SIUP atau surat izin usaha. Berikut ini yakni jenis-jenis yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis pertamini.

1. SIUP Kecil
SIUP ini wajib dimiliki setiap perusahaan perdagangan dalam bisnis apapun yang mempunyai jumlah higienis Rp. 50 juta lebih dan maksimal Rp 500 juta. Angka ini tidak termasuk bangunan dan tanah yan dimiliki.

2. SIUP Menengah
SIUP menengah wajib dimiliki oleh perusahaan yang memilki total kekayaan besih Rp.500 juta lebih hingga maksimal Rp 10 Milyar. Besaran total kekayaan tersebut tidak berikut dengan bangunan dan juga tanah.

3. SIUP Besar
Bagi perusahaan perdagangan yang mempunyai total kekayaan higienis sebesar Rp 10 Milyar lebih maka wajib untuk menciptakan SIUP besar. Sama halnya menyerupai SIUP kecil dan menengah, SIUP besar ini juga tidak termasuk tanah dan bangunan.

Kemudian yang menjadi pertanyaan yakni bagaimana cara untuk mendapat SIUP atau Surat Izin Usaha ini? Dan apa saja mekanisme yang harus dilakukan? Hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapat SIUP yakni dengan mendatangi secara pribadi kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan tingkat II setempat atau setara dengan tingkatan kabupaten atau kota. Untuk sanggup mendapat SIUP, tentunya Anda harus melalui mekanisme yang sudah ditentukan oleh instansi terkait. Selain itu, Anda juga harus sudah menyiapkan segala persyaratan yang diharapkan biar proses registrasi lebih gampang dan cepat. Berikut ini yakni beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendapat SIUP.

1. Mengurus SIUP pribadi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan lokasi usaha.

2. Melakukan pengisian formulir terkait dengan SIUP atau PDP. Formulir ini akan dibubuhi tantang tanan beserta materai seharga Rp. 6.000. Jika sudah diisi semua, selanjutnya yakni Anda perbanyak formulir tersebut sebanyak dua rangkap. Bawa formulir beserta dengan persyaratan lain yang diwajibkan menyerupai dibawah ini:

   ? Akte pendirian perjuangan atau tubuh aturan (Fotocopy) sebanyak 3 copy
   ? NPWP (fotocopy) 3 copy
   ? Kartu tanda penduduk (fotocopy) 3 copy
   ? Gambar sketsa lokasi perusahaan atau tempat perjuangan 3 lembar
   ? Neraca perusahaan tiga lembar
   ? HO atau Surat Ijin gangguan sebanyak 3 lembar

Bagaimana? Persyaratan menciptakan SIUP di atas sangat gampang bukan? Dengan mempunyai SIUP, maka bisnis pertamini Anda akan berjalan dengan lancar dan kondusif sehingga terhindar dari persoalan dan hal-hal yang tentunya tidak diinginkan. Demikianlah ulasan mengenai cara mendapat surat izin perjuangan pertamini, semoga bermanfaat.

Sumber SAKRAM