28 Usaha yang Menguntungkan di Desa, Cepat Berhasil, Menjanjikan

19.25
Menjadi wirausahawan tentunya dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di daerah pedesaan. Banyak potensi bisnis yang dapat dikembangkan di daerah ini. Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan potensi usaha yang menguntungkan di desa itu seperti apa.

Jenis usaha yang dapat dilakukan di desa tentunya berbeda dengan di kota. Di desa, masyarakatnya masih belum terlalu memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnisnya, tidak seperti di kota. Anda perlu melihat potensi dari sebuah desa yang tentunya menjanjikan dan dapat dikembangkan ke depannya.

28 Usaha di Desa yang Dapat Anda Terapkan
Dengan berkembangnya teknologi, membuka peluang bagi Anda untuk menerapkannya di daerah pedesaan. Banyak sektor yang dapat kita olah dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Hal ini tentunya bisa  meningkatkan keuntungan pada usaha Anda, bila bisa mengatur dan memanfaatkannya dengan baik.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bentuk usaha yang menguntungkan untuk dilakukan di desa itu yang seperti apa.  Berikut beberapa rekomendasi usaha yang menguntungkan di desa dan dapat Anda terapkan dengan cepat.

1. Makanan Khas Setempat
Usaha yang menguntungkan di desa pertama adalah usaha makanan khas setempat. Saat berkunjung ke sebuah daerah kurang lengkap rasanya apabila belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Bisnis ini sangat menguntungkan bila desa tersebut merupakan desa wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Karena itu, sayang untuk melewatkan salah satu jualan paling laku di desa ini.
usaha menguntungkan di desa, usaha yang menguntungkan, usaha di desa, bisnis yang menguntungkan di desa, makanan khas, usaha makanan khas, makanan

2. Kerajinan Tangan
Menyinggung poin nomor satu tadi, tentunya wisatawan juga membeli kerajinan-kerajinan tangan setempat sebagai oleh-oleh atau digunakan sendiri. Bahkan, kerajinan tangan tersebut juga bisa merambah pasar nasional ataupun internasional jika dikelola dengan baik. Dengan begitu, bisnis kerajinan tangan bisa dipadukan dengan usaha lain.

3. Bisnis Warung/Rumah Makan
Usaha yang satu ini sangat bagus sekali dijadikan sebuah penghasilan. Kebutuhan orang-orang terhadap makanan sehari-harinya membuat Anda dapat mencoba usaha rumah makan tersebut. Anda tinggal menyesuaikan jenis dan pola konsumsi masyarakat setempat sebagai pertimbangan makanan seperti apa yang akan dijual nantinya.

4. Usaha Catering
Permintaan orang terhadap makanan dalam jumlah besar seperti pada saat acara atau hal lainnya sangatlah besar. Di desa, sedikit sekali dapat kita jumpai usaha-usaha seperti catering. Padahal prospek usaha catering cukup menguntungkan di desa apabila Anda mampu memasarkannya dengan baik.
bisnis yang menguntungkan di desa, usaha di desa, usaha yang menjanjikan di desa, bisnis yang bagus di desa, usaha di kampung yang menguntungkan, catering, usaha catering

5. Franchise Makanan Ringan
Usaha ini banyak sekali kita temui di kota. Namun, di desa sangat jarang sekali yang melakoni bisnis franchise makanan ringan ini. Hal itu tentunya membuka peluang bagi Anda karena minimnya pesaing. Anda dapat menjajakan makanan-makanan ringan seperti pisang coklat, martabak, tempura, dan lain-lain.

6. Toko Pakaian
Pakaian menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Biasanya orang-orang harus ke daerah perkotaan terlebih dahulu bila ingin membeli pakaian baru. Anda dapat memanfaatkan jarak yang jauh antara kota dengan desa untuk membuka toko pakaian. Sehingga orang tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membeli pakaian.

7. Usaha Menjahit
Di pedesaan ataupun perkotaan, banyak orang memerlukan pakaian yang khusus digunakan untuk acara-acara tertentu. Dengan adanya tempat menjahit di sebuah desa, tentunya memudahkan masyarakat sekitar untuk membuat pakaian yang mereka inginkan. Usaha menjahit ini memiliki prospek yang cerah di desa.
usaha yang menjanjikan di desa, usaha yang menguntungkan di desa, usaha di desa, bisnis yang menguntungkan di desa, bisnis di desa, usaha jahit, menjahit, penjahit

8. Toko Kelontong
Usaha ini cocok bagi ibu rumah tangga di desa. Toko kelontong biasanya menjual barang-barang keperluan sehari-hari seperti sembako dan lainnya, sehingga usaha ini dapat bertahan dalam waktu yang lama. Modal yang diperlukan biasanya cukup besar, jadi Anda harus dapat mengelola dananya sebaik mungkin.

9. Tempat Pangkas Rambut
Jika Anda memiliki keahlian memangkas rambut, keahlian tersebut dapat dijadikan usaha yang menguntungkan di desa. Setiap orang tentunya akan memotong rambutnya sewaktu-waktu. Sehingga pelanggan Anda nantinya tentu akan kembali lagi jika puas dengan pelayanan yang diberikan. Bisa Anda coba usaha pangkas rambut tersebut.

10. Usaha Perbaikan Elektronik
Peralatan elektronik tentunya akan rusak sewaktu-waktu. Di desa, masih jarang sekali ditemui orang-orang yang memiliki keahlian di bidang perbaikan elektronik. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, tentunya akan memudahkan mencari pelanggan karena pesaing usaha elektronik ini masih jarang ditemui di desa.

11. Tempat Bimbingan Belajar atau Les Private
Semakin pedulinya orang-orang di desa terhadap pendidikan membuat usaha ini dapat Anda coba. Biasanya anak-anak di desa hanya mendapat pembelajaran di sekolah saja, namun ada juga orang tua yang ingin anaknya mendapat pembelajaran lebih melalui bimbingan belajar atau les private.

12. Usaha Pom Bensin Mini
Kebutuhan orang-orang terhadap bahan bakar memang tidak ada habisnya ya. Di desa, cukup sulit untuk mendapat pasokan bahan bakar sehingga terkadang harus jauh-jauh ke kota dulu untuk membelinya. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuka pom bensin mini yang pastinya akan selalu laku.

13. Usaha Pulsa
Sekarang ini, masyarakat pedesaan banyak yang sudah memiliki HP sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga kebutuhan akan pulsa tentunya akan terus menerus dibutuhkan masyarakat ke depannya. Usaha pulsa ini dapat Anda mulai dengan modal yang relatif kecil.
bisnis yang menguntungkan di desa, usaha yang menguntungkan di desa, bisnis pulsa, usaha pulsa, usaha yang menjanjikan di desa, handphone, ponsel

14. Usaha Token Listrik
Saat ini daerah pedesaan sudah banyak yang mengganti sistem pembayaran listrik yang sebelumnya harus membayar di tempat PLN langsung dengan token listrik. Sistem ini menggunakan pulsa sebagai pembayaran listriknya, sehingga tempat penjualan pulsa token listrik akan selalu dicari oleh orang-orang.

15. Usaha Warung Internet (WarNet)
Usaha yang menguntungkan di desa berikutnya adalah WarNet. Meningkatnya kebutuhan komputer di pedesaan misalnya untuk anak-anak atau orang dewasa mengerjakan pekerjaan/tugas membuat usaha ini bisa dicoba. Namun, Anda harus memiliki modal yang cukup besar untuk bisa memulainya.

16. Bisnis Perabot Rumah Tangga
Adanya toko yang menyediakan perabotan rumah tangga tentunya memudahkan masyarakat pedesaan saat mencari barang-barang rumah tangga. Karena mereka tidak perlu jauh-jauh ke luar desa untuk membelinya. Peluang usaha ini dapat Anda coba karena perabotan rumah tangga akan terus dibutuhkan.

17. Bisnis Properti
Bagi Anda yang memiliki uang yang cukup banyak, dapat menginvestasikannya di desa. Bisnis properti saat ini semakin diminati karena harganya yang terus naik. Anda dapat menjual properti seperti tanah, rumah, kontrakan, perkebunan, sawah, villa, dan lain-lain. Usaha ini cocok bagi yang menyukai properti.

18. Bengkel
Usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan di bidang otomotif. Anda dapat membuka jasa perbaikan sepeda motor ataupun mobil dan menjual perlengkapan onderdil beserta spare partnya. Karena tidak jarang masyarakat pedesaan yang mengalami kerusakan kendaraan dan tidak bisa memperbaikinya.

19. Jual Beli Bibit Tanaman
Bagi yang memiliki usaha perkebunan di desa tentunya memerlukan bibit tanaman baru dalam beberapa waktu. Anda dapat menjadi pemasok bibit pada satu atau lebih pemilik perkebunan yang tentunya mendatangkan keuntungan yang terus mengalir. Bibit yang dijual bisa bibit sayuran ataupun buah-buahan.
bisnis yang menguntungkan di desa, usaha yang menjanjikan di desa, bisnis yang cepat berhasil di desa, usaha yang bagus di kampung, usaha bibit tanaman, bibit tanaman

20. Pengepul Pasca Panen Pertanian dan Perkebunan
Usaha yang menguntungkan di desa berikutnya adalah menjadi pengepul pasca panen. Anda berperan sebagai penyedia transportasi sekaligus pendistribusi hasil panen ke daerah atau kota lain. Cocok bagi Anda yang memiliki kendaraan yang tidak terpakai.

21. Perkebunan Sayuran
Sayuran merupakan salah satu bahan baku makanan yang selalu dibutuhkan. Jika Anda memiliki tanah di desa, usaha ini dapat digunakan untuk memanfaatkan tanah yang tidak terpakai. Sayuran yang dapat Anda tanami beragam seperti bayam, kol, sawi, cabai, dan lain-lain.

22. Perkebunan Buah-buahan
Memiliki kebun buah-buahan bisa menjadi usaha yang menguntungkan di desa. Sama seperti sayuran, buah-buahan tentunya banyak dikonsumsi orang tiap harinya. Buah-buahan yang mendatangkan untung banyak seperti mangga, durian, anggur, melon, leci, dan lain-lain.
usaha yang menguntungkan di desa, bisnis yang menguntungkan di desa, usaha perkebunan, bisnis buah-buahan, buah anggur, kebun anggur, anggur merah, buah segar

23. Budi Daya Ikan
Ikan menjadi salah satu makanan pokok sehari-hari tentunya. Jika Anda mempunyai minat dibidang perikanan, usaha ternak ikan dapat Anda coba. Modal dan persiapan yang diperlukan tidaklah terlalu mahal dan sulit. Jika sudah panen, Anda dapat menjualnya kepada rumah makan ataupun pasar.

24. Peternakan Sapi
Ternak sapi menjadi salah satu usaha yang menguntungkan di desa. Selain harga jualnya yang mahal, pada waktu-waktu tertentu seperti perayaan idul adha permintaan akan sapi meningkat drastis dan mendatangkan keuntungan yang banyak. Perawatannya juga tidak terlalu sulit.

25. Peternakan Ayam
Kebutuhan daging ayam yang sangat besar tentunya membuka peluang untuk berbisnis didalamnya. Beternak ayam terbilang mudah masuk kedalam pasar, Anda dapat menjualnya di rumah makan, pasar, ataupun tempat khusus pengolahan daging ayam. Beternak ayam cukup mudah untuk dilakukan.

26. Peternakan Serangga Sebagai Pakan Hewan
Serangga banyak digunakan sebagai bahan pakan dari burung. Di desa, cukup banyak yang beternak maupun memelihara burung. Sehingga Anda dapat berperan sebagai penjual pakan burung-burung tersebut. Serangga yang dapat diternak seperti jangkrik dan belalang.

27. Usaha Sewa Mobil
Jika Anda memiliki mobil yang tidak terpakai, dapat dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan di desa. Hal itu karena masyarakat desa jarang yang memiliki mobil. Sehingga mereka akan menyewa mobil jika hendak bepergian jauh. Bisnis rental mobil ini tidak sulit untuk dilakukan jika Anda memiliki mobil tidak terpakai.

28. Usaha Ojek
Usaha yang menguntungkan di desa yang terakhir adalah ojek. Tidak semua masyarakat desa memiliki kendaraan sendiri. Sehingga terkadang mereka menyewa jasa ojek saat hendak ke pasar atau kebun. Jika Anda memiliki modal sepeda motor, tentu dapat mencoba pekerjaan.

Membuka sebuah usaha baru memerlukan kemauan dan kerja keras yang kuat. Untuk itu Anda harus meyakinkan diri sepenuhnya bahwa akan berkomitmen dengan usaha yang dijalani. Apabila usaha yang dijalani setengah-setengah dan terkesan kurang peduli, maka Anda akan mengalami banyak kendala dan kesulitan dalam menjalaninya. Demikian beberapa peluang usaha yang menguntungkan di desa. Semoga dapat Anda jadikan referensi ketika ingin memulai sebuah usaha.